Bagaimana cara Perbaikan Komputer

Panduan Fix-It tentang perbaikan komputer ini memberi tahu cara kerja komputer, apa yang sering salah, cara mengidentifikasi masalah komputer, dan bagian serta alat apa yang Anda perlukan untuk memperbaikinya. Ini kemudian memberikan petunjuk langkah demi langkah sederhana tentang cara membongkar komputer, memeriksa kabel eksternal komputer, membersihkan kepala drive komputer, memperbaiki catu daya komputer, memperbaiki keyboard, memperbaiki mouse atau trackball, dan memperbaiki masalah kartu ekspansi. Panduan ini juga merujuk Anda ke perbaikan kabel listrik dan perbaikan monitor komputer untuk masalah tertentu.

perbaikan komputer

Bagaimana Cara Kerja Komputer?

Komputer pribadi (PC) sebenarnya adalah sistem perangkat elektronik dan kabel, yang disebut perangkat keras, yang dikendalikan oleh program, yang disebut perangkat lunak. Data masuk ke komputer dari keyboard, mouse, modem, mikrofon, pemindai, dan perangkat lain dan disimpan di chip memori atau hard drive. Otak komputer adalah central processing unit (CPU). Data dikirim ke perangkat keluaran seperti printer komputer, modem, kartu suara, dan drive disket untuk melakukan tugas tertentu. Komputer adalah mesin elektronik.

Apa yang Bisa Salah dengan Komputer?

Banyak hal yang bisa salah dengan PC. Kebanyakan dari mereka terkait dengan perangkat lunak. Perangkat lunak adalah instruksi yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk memberi tahu komputer Anda apa yang harus dilakukan dalam berbagai keadaan. Karena pemrograman yang buruk atau perbedaan pendapat antara perangkat keras dan perangkat lunak, terkadang hal-hal tidak terjadi seperti yang Anda harapkan. Resolusi terbaik adalah merujuk ke manual program perangkat lunak untuk tip pemecahan masalah. Ada ribuan program perangkat lunak di luar sana. Cukup sering masalahnya adalah ketidaksepakatan antara program (seperti Quicken) dan kumpulan instruksi dasar komputer, yang disebut sistem operasi (seperti Windows). Mulai pemecahan masalah dengan program, lalu pindah ke sistem operasi. Ada buku tebal yang tersedia di masing-masing, jadi tersedia bantuan. Jika semuanya gagal,

Jadi mari beralih ke memperbaiki perangkat keras, komponen kelistrikan. Apa yang salah? Kabel listrik bisa gagal. Koneksi mungkin perlu diperketat. Kartu ekspansi mungkin longgar atau rusak. Chip memori mungkin rusak. Monitor mungkin gagal. Keyboard atau mouse mungkin kotor atau rusak. Hard drive mungkin gagal. Catu daya atau kipasnya mungkin tersumbat dan gagal. Seperti yang Anda lihat, banyak dari masalah ini terjadi karena ada yang kotor atau longgar. Jadi menjaga komputer Anda tetap bersih dan disesuaikan dengan baik adalah langkah penting untuk menjaganya tetap ramah. Selain itu, sebagian besar komputer modern dilengkapi dengan manual pemilik yang menyertakan bagan pemecahan masalah khusus untuk model yang Anda beli. Jangan biarkan komputer Anda membuat Anda takut.

Peringatan!

Untuk mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh lonjakan listrik, hubungkan sistem komputer Anda ke pelindung lonjakan tegangan UL. Matikan dan cabut sepenuhnya saat terjadi badai petir. Jika Anda pulang setelah badai dan listrik masih padam, matikan komputer Anda dan cabut stekernya agar tidak rusak jika listrik kembali menyala dengan lonjakan.

Bagaimana Saya Dapat Mengidentifikasi Masalah Komputer?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki komputer Anda? Pertama, pelajari cara membukanya (lihat di bawah). Selanjutnya, pertimbangkan kemungkinan gejala dan solusi potensial (lihat di bawah).

  • Jika komputer tidak menyala, pastikan daya sudah menyala di stopkontak, lalu periksa kabel listriknya Tes catu daya dan ganti jika rusak (lihat di bawah).
  • Jika komputer menyala tetapi kemudian macet, pasang kembali atau ganti memori kartu ekspansi seperlunya (lihat di bawah) atau tambahkan kartu memori baru seperlunya.
  • Jika disk drive, atau perangkat lain tidak berfungsi atau berfungsi sebentar-sebentar, periksa sambungan kabel (lihat di bawah) dan ganti kabel jika perlu.
  • Jika monitor tidak berfungsi, lihat Panduan Perbaikan Monitor Komputer .
  • Jika keyboard tidak berfungsi dengan baik, bongkar dan bersihkan baki keyboard (lihat di bawah) dan periksa kabel apakah ada kerusakan yang nyata.
  • Jika Anda mendengar suara keras terus-menerus di dalam komputer, lumasi bantalan kipas dengan pelumas silikon semprot (lihat di bawah). Jika kipas terus berisik, gantilah atau seluruh catu daya (lihat di bawah). Suara keras juga bisa menandakan hard disk akan berhenti atau “crash”. Cadangkan semua data di komputer Anda dan hubungi layanan profesional.
  • Jika hard drive tidak mau membaca atau menulis data, drive mungkin rusak dan perlu diganti. Hubungi toko komputer lokal untuk servis.
  • Jika drive disket (3,5 inci) tidak dapat membaca atau menulis, bersihkan kepala baca/tulis (di bawah) atau ganti unit (lihat di bawah).
  • Jika mouse atau trackball tidak bekerja dengan lancar, bongkar dan bersihkan (lihat di bawah). Jika pembersihan gagal menyelesaikan masalah, ganti mouse.

Kiat Perbaiki

Untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh magnetisme dan listrik statis saat menservis komputer, gunakan alat nonmagnetik dan sentuh logam yang diarde atau kenakan tali pergelangan tangan antistatis sebelum menyentuh komponen apa pun.

Apa yang Saya Butuhkan untuk Perbaikan Komputer?

Untungnya, komponen pengganti untuk komputer pribadi dapat dipertukarkan dan sudah tersedia. Bahkan, jika Anda membeli hard drive baru, misalnya, instruksi pemasangan akan menyertainya. Bagian perangkat keras lainnya akan menyertakan nomor telepon yang dapat Anda hubungi untuk meminta bantuan. Berikut alat yang Anda perlukan, sebagian besar tersedia di toko elektronik seperti Radio Shack:

  • Obeng
  • Pinset atau alat pelepas chip
  • Penyeka kapas
  • Alkohol terdenaturasi
  • Multimeter
  • Pembersih kontak listrik
  • Udara terkompresi
  • Kain bebas serat
See also  Trik mudah perbaikan iphone

Apa Langkah-Langkah untuk Perbaikan Komputer?

Membongkar komputer:

  1. Lepaskan kabel daya dan kabel eksternal dari komputer.
  2. Longgarkan sekrup di bagian belakang casing komputer.
  3. Angkat atau geser casing dari bingkai.
  4. Pasang kembali dengan membalik prosedur, pastikan housing tidak menjepit kabel apa pun.

Ketika ada bagian dari sistem komputer yang gagal, pertama-tama periksa kabel yang menghubungkan bagian komputer itu.

Periksa kabel komputer eksternal:

  1. Pastikan kabel tidak longgar, rusak, atau dicolokkan ke soket yang salah.
  2. Cabut dan sambungkan kembali kabel beberapa kali, pastikan semua pin dan lubang cocok. Jika Anda melihat korosi, gunakan pembersih kontak elektronik dengan mengikuti petunjuk pada kaleng.
  3. Uji kontinuitas kabel dengan multimeter .
  4. Kencangkan dengan tangan semua sekrup atau kabel sambungan yang menahan kabel ke komputer.
  5. Jika kabel masih tidak berfungsi, bawa ke bengkel untuk pengujian dan, jika perlu, penggantian.
See also  Cara Untuk Perbaikan radio

Drive disket (secara keliru dikenal sebagai “floppy”) sangat murah sehingga banyak orang memilih untuk menggantinya daripada memperbaikinya. Jika Anda berencana untuk menggantinya, pertimbangkan untuk memperbaikinya sendiri; itu mungkin berhasil atau mungkin tidak. Drive disket mencakup dua motor kecil, kepala baca/tulis, dan mungkin sabuk penggerak. Jika drive dapat memformat disket baru, tetapi tidak dapat membacanya, masalahnya mungkin adalah head yang kotor atau tidak sejajar.

Membersihkan kepala drive komputer:

  1. Ikuti petunjuk di atas untuk membongkar komputer untuk mengakses drive disket.
  2. Lepaskan kabel daya. Lepas sekrup dari rumah drive, yang terletak di samping atau di bawah sasis.
  3. Cungkil tab pemasangan dengan jari. Geser rumah drive ke depan dan lepaskan kabel daya dan kabel data. Beri label kabel data (pita) dengan hati-hati agar Anda dapat memasangnya kembali dengan cara yang sama setelah selesai. Sebagian besar memiliki garis di dekat satu sisi. Lepaskan drive dari rumahan.
  4. Semprotkan debu dari bagian bawah dan bagian dalam drive dengan udara kaleng. Jika ada sabuk penggerak, bersihkan dengan hati-hati dengan kapas yang dibasahi alkohol. Angkat lengan beban dengan hati-hati dan bersihkan serta kepala baca/tulis dengan swab dan alkohol. Pasang kembali drive disket.
  5. Jika drive disket masih tidak berfungsi, gantilah dengan drive baru, ikuti langkah-langkah di atas dan petunjuk yang disertakan dengan drive.
See also  Cara Perbaikan Radio CB

Perbaikan Servis catu daya komputer:

  1. Sebelum membongkar, gunakan udara kaleng dan/atau vakum kecil untuk membersihkan di sekitar kipas dan di dalam catu daya.
  2. Jika perlu, ikuti petunjuk di atas untuk membongkar komputer untuk mengakses catu daya, biasanya terdapat di bagian belakang casing komputer.
  3. Uji kontinuitas catu daya menggunakan multimeter . Pembacaan nol atau tak terhingga menunjukkan catu daya rusak.
  4. Untuk mengganti catu daya, lepaskan unit dari sasis komputer dengan melepas sekrup atau membengkokkan tab logam sesuai kebutuhan.

Servis keyboard komputer:

  1. Putuskan sambungan keyboard dari komputer dan balikkan. Lepaskan sekrup rakitan dan cungkil rumah atas dan bawah.
  2. Angkat dengan hati-hati dari wadah atas dan kibaskan atau keluarkan kotoran dengan udara kaleng. Gunakan pembersih kontak listrik untuk menghilangkan residu atau korosi.
  3. Jika keyboard masih tidak berfungsi dengan baik, gantilah.

Servis mouse komputer atau trackball:

  1. Cabut mouse dan balikkan. Untuk melepas trackball, tekan penutup rumah sangkar bola searah jarum jam atau ke depan, tergantung modelnya. (Kebanyakan tikus memiliki instruksi dan panah di bagian bawah.)
  2. Lepaskan trackball dan bersihkan dengan kain bebas serabut yang dibasahi dengan alkohol yang diubah sifatnya. Biarkan udara kering.
  3. Kikis setiap plak dari rol di bagian dalam sangkar bola dan usap dengan alkohol yang diubah sifatnya. Gunakan udara terkompresi untuk meniup debu dan kotoran dari interior.
  4. Pasang kembali mouse.

Kartu ekspansi adalah pengontrol untuk add-on seperti modem, kartu suara, kartu memori, dan printer. Ketika Kartu ekspansi masuk ke dalam slot di papan kontrol utama komputer, yang disebut motherboard. Kartu ekspansi memori juga dapat dibersihkan atau diganti dengan cara yang sama.

Memperbaiki masalah kartu ekspansi komputer:

  1. Lepaskan baut yang menahan kartu ekspansi ke sasis komputer (pada beberapa model).
  2. Pegang kartu ekspansi dengan kedua tangan dan goyang perlahan sambil mengangkatnya untuk melepaskannya dari motherboard. Berhati-hatilah agar tidak menyentuh komponen pada kartu atau kartu ekspansi terdekat tanpa mengenakan gelang antistatis.
  3. Bersihkan pin kartu dan soket motherboard dengan kapas yang dibasahi alkohol yang diubah sifatnya.
  4. Ganti kartu dengan menurunkan satu ujung ke tempatnya, lalu ujung lainnya. Setelah berada di slot, tekan kartu dengan kuat.
  5. Ganti sekrup pemasangan, jika perlu.

You May Also Like

About the Author: Admin