Cara Perbaikan Dek Kaset

Perbaikan Dek kaset masih hidup dan sehat – atau setidaknya hidup, dan banyak yang bisa mendapatkan keuntungan dari perbaikan dek kaset. Panduan Fix-It tentang perbaikan dek kaset ini memberi tahu cara kerja dek kaset, apa yang salah, cara mengidentifikasi masalah dek kaset, alat dan bahan apa yang dibutuhkan, dan langkah-langkah untuk memperbaiki dek kaset. Panduan ini memberi tahu cara membersihkan kepala dek kaset menggunakan pita pembersih, cara membersihkan kepala dek kaset tanpa pita pembersih, cara mendemagnetisasi kepala pita dan cara memperbaiki pita kaset. Proses perbaikan relatif mudah dan suku cadang sudah tersedia.

Kepala membaca sinyal dari kaset. Rol penggulung menarik selotip melewati kepala.

Perbaikan Dek kaset

Bagaimana Cara Kerja Perbaikan Dek Kaset?

Dek kaset adalah perangkat elektronik yang digerakkan oleh motor yang merekam dan memutar sinyal audio yang disimpan pada pita magnetik. Rekaman itu terbungkus dalam wadah yang disebut kaset.

Lebih khusus lagi, pemutar kaset melewatkan kaset di atas kepala magnet yang merekam atau membaca informasi yang sudah tersimpan di kaset. Roda pita diputar oleh sabuk kecil yang terhubung ke motor. Dek kaset yang lebih baru menampilkan sirkuit elektronik andal yang berarti sebagian besar masalah yang terjadi bersifat mekanis. Pembersihan, pelumasan, dan penggantian sabuk yang rusak akan menambah masa manfaat selama bertahun-tahun pada dek kaset. Sebagian besar masalah elektronik memerlukan servis profesional, tetapi masih banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki dek kaset Anda.

See also  Bagaimana cara Perbaikan Komputer

Apa yang Bisa Salah dengan Dek Kaset?

Banyak hal yang salah dengan dek kaset karena memiliki banyak komponen listrik dan bergerak. Kabel daya listrik bisa rusak. Sabuk penggerak dapat putus atau rusak. Head baca dan rekam dapat tidak sejajar, aus, atau kotor. Rol penjepit yang menarik selotip melewati kepala dapat diglasir. Sensor gerak pita mungkin rusak atau kotor. Sakelar bisa gagal dan koneksi mungkin kotor. Dalam banyak kasus, masalahnya ada pada kaset itu sendiri. Namun, jika masalahnya elektronik, bawa dek ke tukang reparasi profesional.

Kiat Perbaiki

Anda dapat memperbaiki pita kaset yang rusak dengan hati-hati melepas sekrup yang menahan kaset, lalu memutar ulang pita pada kedua gulungan dan melintasi bantalan di antara keduanya. Jika Anda sedang mengerjakan kaset berharga yang tidak ingin Anda lempar, belilah kaset baru yang terlihat seperti itu, lalu pisahkan untuk melihat bagaimana tampilannya. Anda bahkan dapat meminjam satu atau dua bagian dari kaset baru untuk memperbaiki yang lama.

Bagaimana Saya Dapat Mengidentifikasi Masalah Perbaikan Dek Kaset?

Apa saja gejalanya? Mari kita lihat beberapa gejala umum untuk membantu Anda mengidentifikasi masalahnya.

  • Jika dek tidak berfungsi sama sekali, pastikan daya di stopkontak dan periksa kabel listriknya .
  • Jika kaset mendesis, suaranya lemah, atau tidak ada nada tinggi, head mungkin kotor atau tidak sejajar. Anda dapat membersihkan (lihat di bawah) dan mendemagnetisasi kepala, tetapi ketidaksejajaran kepala sebaiknya diserahkan kepada profesional.
  • Jika pita keluar dari kaset, pita itu sendiri mungkin rusak, sabuknya mungkin putus, atau rol penjepit mungkin perlu dibersihkan.
  • Jika suaranya kacau, kepala mungkin kotor atau ikat pinggang mungkin kotor, meregang, atau tergelincir, atau kaset mungkin rusak.
  • Jika geladak tidak mau mundur atau maju cepat, masalahnya bisa jadi sabuk rusak atau pemalas rusak. Bawa ke bengkel untuk diperbaiki.
  • Jika dek berhenti tiba-tiba atau tidak mau berhenti di ujung kaset, kaset mungkin kotor atau kaset mungkin tidak sejajar. Periksa hub dan bersihkan semua kotoran. Jatuhkan kaset secara perlahan di atas meja agar kaset terpasang rata pada gulungan. Masalahnya juga bisa dengan rol penjepit. Lepaskan geladak dan buka tutupnya dari panel depan. Angkat rakitan rol dari poros untuk penggantian. Bergantian, sensor gerak pita mungkin rusak atau kotor, yang memerlukan servis profesional.
  • Jika dek tidak mau merekam, sakelar perekaman/pemutaran mungkin rusak, memerlukan layanan profesional.
  • Jika suara terdistorsi atau terputus-putus, bersihkan jack eksternal, kabel, dan colokan. Jika itu tidak membantu, kepala mungkin rusak, membutuhkan layanan profesional.

Kiat Perbaiki

Dapatkan perkiraan biaya tertulis sebelum menyerahkan dek kaset Anda yang rusak ke layanan perbaikan. Mungkin ada biaya hanya untuk mendapatkan perkiraan; namun, biaya tersebut mungkin berlaku untuk setiap perbaikan yang Anda izinkan. Pastikan Anda menulis di estimasi bahwa pihak toko harus menghubungi Anda sebelum melebihi estimasi. Jika unit tidak dapat diperbaiki, bengkel mungkin dapat mendaur ulang suku cadang dari dek kaset lama Anda untuk perbaikan di masa mendatang.

Apa yang Saya Butuhkan untuk Perbaikan Dek Kaset?

Anda bisa mendapatkan suku cadang pengganti dari pabrikan atau pemasok aftermarket. Anda juga mungkin memerlukan alat ini:

  • Pita pembersih dan larutan
  • Penyeka kapas
  • Alkohol denaturasi atau cairan pembersih kepala
  • Degausser (demagnetizer)
  • Kit penyambungan pita
See also  Cara Perbaikan Telepon Tanpa Kabel

Apa Langkah-Langkah untuk Memperbaiki Dek Kaset?

Seperti disebutkan sebelumnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memperbaiki dek kaset yang bermasalah. Berikut adalah perbaikan yang paling umum.

Bersihkan kepala dek kaset menggunakan pita pembersih:

Seiring waktu, oksida terlepas dari pita kaset dan terkumpul di pemandu pita, kapstan, dan rol penjepit dan dapat mendorong pita keluar jalur. Kotoran sedikit saja di kepala akan mempengaruhi suara. Bersihkan kepala setelah 10 hingga 20 jam penggunaan, menggunakan selotip pembersih. Ikuti instruksi dari pabrikan.

Bersihkan kepala dek kaset tanpa selotip pembersih:

  1. Buka pintu kaset dan seka kepala dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol yang diubah sifatnya atau cairan pembersih kepala.
  2. Hidupkan pemutar dan pegang swab pada setiap penggulung dan jepit rol saat berputar.
See also  Cara Perbaikan Mesin Faks

Demagnetisasi kepala pita dek kaset:

Beli demagnetizer (degausser) dari toko peralatan dan suku cadang elektronik dan ikuti rekomendasi pabrikan.

Memperbaiki kaset:

Jika selotip yang berharga rusak, Anda dapat menyambungkannya menggunakan kit perbaikan sehingga Anda dapat membuat salinannya yang baru. Hindari membuka casing jika memungkinkan. Jika ujung selotip yang putus terlihat, pancing dengan selotip ganda yang dililitkan di atas tusuk gigi. Tetapi jika Anda harus membuka kaset, lepaskan sekrup atau cungkil rumah yang terikat, berhati-hatilah agar pita tidak terlepas atau lepas. Sambungkan selotip dengan mengikuti petunjuk kit perbaikan. Pasang kembali pita yang diperbaiki.

You May Also Like

About the Author: Admin